.::Selamat Datang di Situs Resmi Saifudin Madu Go::. | .::Website Personal yang berhubungan dengan Inspirasi, Edukasi dan Liputan Kegiatan::.

Kamis, 21 Januari 2016

Khotmil Qur’an dan Akhirussanah Angkatan VI TPQ Nurul Jannah, berjalan meriah

Gombong (28/12/2015) Lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Jannah Desa Patemon menggelar acara Khotmil Qur’an dan Akhirussanah Ke VI yang bertempat di halaman Musholla Nurul Jannah Patemon, Gombong Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.
Acara yang Bertemakan: “Menuju Generasi Bangsa Yang Qur’ani”, ini dihadiri oleh Bupati Kebumen terpilih Bapak Ir. H. M. Yahya Fuad, SE., Pembicara Ibu Dra. Hj. Titik Wahyuni, seluruh santri, wali santri, ustadz/ustadzah dari TPQ sekitar, khotimin/khotimat, tokoh masyarakat dan seluruh tamu undangan pada senin (28/12) pagi itu sukses di gelar dengan jumlah 12 santriwan/wati dan 4 santri untuk persiapan tahun depan.
TPQ Nurul Jannah asuhan Kyai Ahmad Daldiri ini menjadi salah satu pilihan orang tua untuk memberikan pendidikan dalam rangka membentuk moral anak yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Jika selama ini orang tua-orang tua selalu memberikan pendidikan tambahan dengan les bahasa inggris, matematika, musik, komputer dan sebagainya, maka saat ini kita harus berfikir bagaimana cara untuk memberikan pelajaran lebih tentang ilmu keagamaan dalam menghadapi dunia yang kian bebas.
TPQ Nurul Jannah mulai menggunakan metode Qira’ati pertengahan tahun 2006 lalu, dan yang ke-6 kalinya, TPQ Nurul Jannah melaksanakan Tasyakuran Khataman dan Imtihan. Imtihan adalah salah satu bentuk pertanggungjawaban kepada wali santri sekaligus menjadi wadah syiar tentang pentingnya mengaji dan mempelajari Al-Qur’an.
Adapun Prosesi Khotmil Qur’an yang merupakan inti acara ini diantaranya adalah santri secara bergantian melafadzkan hafalan surat-surat pendek ; QS : Adh-Dhuha s.d. An-Nass, QS : Al-Baqarah : 1 – 5, QS : Al-Baqarah : 255, Santri melafadzkan hafalan bersamaan : QS : Al-Baqarah : 283-285, dan surat-surat pendek lainnya serta Do’a Khotmil Qur’an.
Setelah santri yang diwisuda tersebut menyelesaikan hafalannya, selanjutnya para pembimbing, ustadz/ustadzah dari TPQ lain beserta hadirin dipersilahkan mengajukan pertanyaan seputar bacaan tadi kepada santri atau pelajaran agama lainnya untuk mengetes peserta khotimin/khotimat, dan pertanyaan semua terjawab dengan benar dan tegas.
Dalam sambutannya ketua panitia kegiatan Khotmil Qur’an dan Akhirussanah Ustadz Satiman Nur Khafid menyampaikan beberapa hal terkait penyelenggaraan kegiatan tersebut. Selain sebagai wujud rasa syukur atas keberhasilan santri dalam mengikuti pembelajaran mengkaji Al-Qur’an dengan metode Qiraati, kegiatan Khotaman dan Imtihan yang terbuka ini merupakan wadah syiar tentang perlunya pembelajaran Al-Qur’an sejak dini dan harus ditangani dengan serius. “selamat untuk para alumni, semoga ilmu yang kalian dapatkan di sini bisa di amalkan” tegasnya.
Sementara itu Menurut Ketua Takmir Musholla TPQ Nurul Jannah H. Kamal Paimanuddin Sebanyak 12 peserta berusia sekitar 7-13 tahun mengikuti khotmil Quran yang ke-VI di TPQ Nurul Jannah, “Kegiatan khotmil Quran tersebut rutin dilaksanakan setiap setahun sekali, dan juga untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1437 Hijriyah, serta berkeinginan untuk membangun anak-anak yang mau mempelajari dan memahami ilmu Al-Quran,” ungkap H. Kamal saat ditemui saifudinmadugo.com, Senin (28/12).
Sebelumnya, sebanyak 12 peserta khotmil Quran ini dites terlebih dahulu oleh Koordinator Cabang Qiroati Kabupaten Kebumen. Jadi, para peserta tersebut diseleksi telebuh dahulu, apakah layak mengikuti khotmil Quran atau tidak?. Dan orangtua turut berperan aktif dalam mengembangkan anaknya agar bisa mempelajari Al-Quran dengan baik dan mampu mengamalkannya.
Dalam sambutannya kepala Desa Patemon Turiman Hadi Suwito Mengatakan “saya mengapresiasi kegiatan tersebut sangat bagus untuk syiar Islam dan mempererat ukhuwah Islamiyah”. “Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh panitia yang sudah berusaha menyelenggarakan kegiatan tersebut dengan maksimal.”
Ia juga menambahkan, ada sekitar puluhan anak didik yang mempelajari ilmu Al-Quran di TPQ Nurul Jannah, dari tahun ke tahun tentunya ada peningkatan jumlah anak didik yang mempelajari Al-Quran disini, dan Beliau berharap digelarnya khotmil Quran ini bisa memotivasi lagi anak-anak lain untuk mempelajari dan menghafal Al-Quran sejak dini.
“Kami berharap, TPQ Nurul Jannah bisa mencetak lulusan yang memahami hukum bacaan, dan menghafal surat pendek dalam Al-Quran, serta bisa mencetak generasi muda yang memiliki karakter jiwa keislaman,” jelasnya.
Dalam tausyiyah yang disampaikan oleh Dra. Hj. Titik Wahyuni menerangkan tanda-tanda cinta kepada Allah dan RosulNya diantaranya memperbanyak menyebut namaNya, memperbanyak istighfar, menauladani sifat Nabi, Mencintai orang-orang yang mencintai Allah, Keras terhadap orang-orang kafir, Berjihad di jalan Allah dan Tidak takut celaan dalam berpegang teguh terhadap agama.
Sementara itu Mulyani Setianingsih, salah satu wali murid prestasi terunggul yang mengikuti khataman tersebut, mengungkapkan bahwa ucapan syukur kepada Allah SWT dan terima kasih kepada ustadz/ustadzah TPQ Nurul Jannah desa Patemon yang telah membimbing putra/putrinya sehingga dapat membaca dan menulis Al-Qur’an dengan benar.
Yani berharap semoga semua orang tua selalu memantau putra/putrinya untuk selalu membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
IMG_20151228_125648Hadir dalam acara tersebut Bupati Kebumen baru, Ir. H. M. Yahya Fuad, SE. dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelaksana yang telah menyukseskan acara Khotmil Quran ini. Harapnya, masyarakat Kebumen tetap eksis menggelar kegiatan seperti ini.
Dengan dirutinkannya khotmil Quran tiap bulan, semoga masyarakat Kebumen mendapatkan berkah dari Allah SWT, juga berkah rizkinya. Selain itu, mudah-mudahan dijauhkan dari segala musibah serta bencana.
Menurut Fuad, sebagai wahyu dari Allah SWT yang diturunkan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW yang menjadi pedoman bagi setiap umat manusia, sebagai pedoman hidup guna menunjukkan kepada jalan kebaikan dan kebenaran, mengingatkan manusia agar berpegang teguh pada Al-Quran dan Sunnah Nabi untuk selamat di dunia dan akhirat.
Seperti hadist yang diriwayatkan Bukhari “Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya” Al-Qur’an merupakan hidayah dan petunjuk bagi manusia serta pembeda antara yang haq dan yang bathil serta Al-Qur’an dapat memberikan syafaat/penolong di hari qiamat. “Untuk itu saya selalu mengajak masyarakat Kebumen agar selalu menjadikan Al-Quran sebagai Imam penuntun hidup,” harap Bupati baru Fuad.
Fuad Menambahkan bahwa dalam kepemimpinannya 5 tahun mendatang, beliau akan membuat Perda tentang kewajiban Baca Tulis Al-Qur’an (BTA), sehingga nanti anak-anak saat kelas 1 SMP bisa dijamin dapat membaca dan menulis Al-Qur’an. Beliau juga menegaskan, apabila diperda-kan BTA ini, ada administrasi teguran dari Pemerintah, apabila tidak mempunyai sertifikat BTA nanti bisa saja tidak bisa melanjutkan ke tingkat SMP.
“Kalau ada perda BTA, maka orang tua atau wali murid akan khawatir anaknya tidak bisa melanjutkan ke tingkat SMP apabila tidak bisa Baca Tulis Al-Qur’an, nah disaat itulah TPQ dan para ustadz/ustadzah akan bermartabat di mata masyarakat, dan semoga kita akan dipermudah segala urusan oleh Allah SWT.” Tegas Fuad.
“sekali lagi selamat kepada para peserta Khotmil Qur’an, semoga dengan khatamnya Al-Qur’an tidak berhenti sampai disini, akan tetapi lebih semangat dalam mempelajari dan juga mengartikan serta mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari”. Imbuh Fuad. (SaifudinMDG)
_______________________________________________________
Terima kasih telah berkunjung di Website Personal kami. Mohon berikan komentar Anda untuk meningkatkan kualitas berita kami.
Layanan Liputan : 081327736138 | Email: saifudinmadugo@yahoo.com
SAIFUDIN-23-1-1024x294

0 komentar:

Posting Komentar